Langsung ke konten utama

INOVASI SI DAN TREND TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

INOVASI SI DAN TREND TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

          Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

          Ada juga pengertian Teknologi Informasi Modern dari sumber yang lain yaitu, studi sebuah struktur, tingkah laku, dan interaksi yang menggabungkan komputer dengan alat komunikasi untuk menyimpan, menerima, dan memanipulasikan penyimpanan data .Maksudnya Teknologi Informasi didefinisikan sebagai hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Inovasi-inovasi Sistem Informasi

1. Virtual Reality (VR)
          Developer Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.
Selain VR, ada juga teknologi Augmented Reality (AR). Dewasa ini, mulai dikembangkan teknologi Mixed Reality (Gabungan kedua teknologi sehingga menghasilkan tampilan Holograms).

2. IoT Architect
          Sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS),dan Internet.

3. Artificial Intelligence (AI) Programmer
          Artificial Intelligence adalah cara untuk membuat mesin (komputer) dapat berpikir cerdas, dalam cara yang sama dengan manusia yang cerdas berpikir. Sebuah sistem AI memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih cerdas lagi .

Contoh Aplikasi Dalam Industri Makanan & Kesehatan

1.Rekam medis Berbasis Komputer (Computer Based Patient Record)
          Salah satu tantangan besar dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi di rumah sakit adalah penerapan rekam medis berbasis komputer. Pengertian rekam medis berbasis komuter bervarisai, akan tetapi, secara prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam mmanajemen pasien di rumah sakit. Rekam medis berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasal daarihasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG), radiologi, dll), konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis. Rekam medis berbasis komputer yang lengkap biasanya disertai dengan fasilitas pendukung keputusan(SPK) yang memungkinkan pemberian alert, reminder, bantuan diagnosis maupun terapi agar dokter maupun klinisi dapat mematuhi protokol klinik.

2.Pengelolaan restoran dengan aplikasi berbasis tablet pc
          Breadcrumb merupakan suatu aplikasi yang menyediakan tampilan visual dari meja, menu makanan dan bahan makanan yang digunakan, informasi pembayaran makanan, dan tiket pemesanan meja yang menggunakan perangkat berupa tablet pc. Aplikasi ini akan mengirim semua data yang dipesan pelanggan restoran langsung ke dapur sehingga akan mempermudah pelayanan dan mempercepat produksi makanan.

3.Komputer Genggam (PDA/Personal Digital Assistant)
          Saat ini, penggunaan komputer genggam (PDA) menjadi hal yang semakin lumrah di kalangan medis. Di Kanada, limapuluh persen dokter yang berusia di bawah 35 tahun menggunakan PDA karena dapat digunakan untuk menyimpan berbagai data klinis pasien, informasi obat, maupun panduan terapi/penanganan klinis tertentu. Beberapa situs di internet memberikan contoh aplikasi klinis yang dapat digunakan di PDA seperti epocrates. Pemanfaatan PDA yang sudah disertai dengan jaringan telepon memungkinkan dokter tetap dapat memiliki akses terhadap database pasien di rumah sakit melalui jaringan internet. Salah satu contoh penerapan teknologi telemedicine adalah pengiriman data radiologis pasien yang dapat dikirimkan secara langsung melalui jaringan GSM. Selanjutnya dokter dapat memberikan interpretasinya secara langsung PDA dan memberikan feedback kepada rumah sakit.

4.LED Alert Systems
        Berbagai karyawan yang berbeda bahasa dan kesibukan di dapur restoran dapat membingungkan karyawan dalam bekerja. Dengan adanya Power Soak’s Silent Alert System produksi Kansas City, Mo., karyawan dapat mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan beberapa peralatan masak dengan adanya sinar yang akan menyala, misalnya sistem akan memberitahukan karyawan untuk tugas-tugas yang didasarkan pada waktu seperti kapan panci telah dicuci dan siap untuk digunakan kembali.

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI MODERN

          Inovasi dalam teknologi informasi berguna untuk mengembangkan operasi operasi manajemen yang digunakan berbagai macam perusahaan. Contohnya manfaat dalam teknologi Informasi adalah meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi bisnis, membangun sumber sumber informasi strategis.
Dalam Teknologi Informasi, inovasi inovasi yang baru dapat menghasilkan sebuah produk yang berkembang. Dapat juga membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan perusahaan.

Contoh Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern

1.Radio Digital
          Radio digital adalah teknologi radio yang mengirimkan informasi menggunakan sinyal digital. Radio digital adalah generasi penerus dari radio analog. Radio ini memiliki banyak kelebihan seperti suara yang lebih jernih dibanding radio analog, mutu sinyal yang lebih bagus, dan berbagai fasilitas lain seperti dapat di-pause, di-rewind, atau disimpan sementara apabila ingin mendengarkannya nanti.

2.Televisi
         Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. kita tak perlu ketempat yang jauh untuk melihat kondisi dari suatu kejadian tertentu yang jauh atau bahkan sangat jauh.

3.Media Sosial
          Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Sosial media sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat, instagram, dan lain-lain. Ada yang berbasiskan video, gambar, bahkan tag lokasi.

4.Teknologi VR
          Virtual Reality dalam bahasa indonesia disebut Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

5.Komputer Dan Smartphone
          Komputer dapat membantu anda mencari Informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat tanpa harus menunggu untuk mendapatkannya. Terutama jika komputer telah terhubung dengan internet. Sama halnya dengan komputer, smartphone juga mampu mencari informasi yang anda butuhkan dengan cepat. hanya saja yang membedakannya, mencari informasi menggunakan smartphone bisa dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan dan kuota internet kalian.

6.Drone
          Drone merupakan adalah pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis. Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang direkam oleh drone dari udara.

7. Teknologi Game
          Untuk terciptanya alat gaming yang stabil dan efektif terhadap si pengguna. Teknologi game semakin berkembang. Contohnya Playstation Eye yang mendeteksi gerakan pemain, sama halnya seperti kinect. Lalu ada juga motion gesture, seperti Nintendo Wii, dan yang terakhir teknologi gaming yang terbaru itu ada virtual reality. Virtual reality diharapkan kedepannya bisa membawa pemain merasakan masuk kedalam game ,seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

8.Teknologi Robot
          Perkembangan robot saat ini sungguh luar biasa. Beberapa diantara robot digunakan untuk membantu perusahaan membuat mobil. Bahkan ada robot yang dibuat mirip manusia yang disebut Humanoid. Bahkan ada alat seperti tangan buatan yang terbuat seperti tangan robot yang dapat digunakan untuk orang-orang yang tidak memiiki tangan atau kekurangan pada fisik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW NOVEL DARKA

Review Novel Darka Judul : Darka : Karena setelah C pasti ada D  Penulis : khairanihasan Penerbit : Loveable Tanggal Terbit : oktober - 2017 Sinopsis : Seorang remaja sma bernama Draka menyukai teman sekolahnya yang bernama Eca , lalu Darka menyatakan perasaannya kepada Eca , tetapi Eca menolak karna Eca tau bahwa Chinta sahabatnya sendiri suka kepada Draka . Draka merasa kesal terhadap perbuatan Eca lalu ia membalaskan dendamnya kepana Chinta , Darka memaksa Chinta untuk menjadi pacarnya. akhirnya Chinta menerimanya dengan terpaksa , tetapi Chinta juga senang karena Draka adalah siswa populer disekolahnya  , tetapi draka juga banyak disukai oleh para siswi disekolahnya , berani menentang guru , tidak pernah mengerjakan tugas dan sering berada diluar kelas ketika ada pelajaran , setelah berpacaran dengan Chinta , Chinta lah yang disuruh2 olehnya untuk mengerjakan semua tugas sekolahnya , Chinta tidak diperlakukan seperti pacar yang harusnya disayangi dan dip