Langsung ke konten utama

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI SAMPAI SAAT IN


Sejarah Sistem / Teknologi Informasi

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943.

Kemudian, teknologi berkembang memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.


Berubahnya Media Melalui Sejarah


Meskipun ada perubahan di dalam Media, dan perubahan di dalam masyarakat yang mengantarkannya, terkadang muncul secara radikal baru dan berbeda, media dan masyarakat selalu beradaptasi kepada yang lainnya.

Masyarakat Pra-Agrikultural

Sebelum masyarakat agrikultural berkembang, Kebanyakan orang hidup dalam kelompok-kelompok kecil seperti para pemburu hewan dan para pengambil tanaman. Kebudayaan ini bergantung pada pembicaraan untuk mentransmisikan ide-ide di antara diri mereka dan di antara keturunannya.

Masyarakat Agrikultural

Setelah masyarakat agrikultural berkembang, banyak pekerjaan ditemukan pada pertanian, atau mengambil sumber daya alam, seperti menambang, memancing, dan penebangan kayu. Masyarakat agrikultural lebih tertata dan lebih kompleks daripada masyarakat Pra-Agrikultural. Yaitu kebudayaan Sumeria, terletak di Iraq, yang telah memberikan perkembangan pada penulisan di tahun 3100 Sebelum Masehi. Cara penulisan Greco-Roman berkembang menjadi Alphabet yang saat ini kita gunakan.

Masyarakat Industri

Meskipun awal dari Revolusi Industri sering ditanggalkan pada korespondensi dengan penemuan-penemuan Thomas Newcomen mesin uap di tahun 1712, sebuah pelopor industrialisme yang penting ditemukan di lapangan komunikasi yaitu : cetakan Bibel Jerman Gutenberg di tahun 1455. Johannes Gutenberg merupakan orang pertama yang menggunakan tipe benda logam yang bergerak -huruf-huruf yang tidak menyatu dan terpisah dari pelat halaman yang lengkap- yang bisa digunakan berulang-ulang dengan kombinasi yang berbeda. Nantinya, ribuan salinan identik dari yang tercetak bisa dicetak relatif murah. Salinan yang dicetak dari Bibel dan pekerjaan yang bersifat relijius lainnya, termasuk salinan bahasa asal dari macam-macam kebudayaan Eropa Barat, merupakan instumen dalam menyebarkan Reformasi Protestan pada abad ke-16, yang mengarah pada memacunya difusi literasi yang lebih jauh.

Masyarakat Informasi

Hari ini, kita hidup di dalam masyarakat informasi – ekonomi kita utamanya tergantung pada produksi dan konsumsi informasi. Ketika Amerika Serikat masih dalam masyarakat pertanian, hanya sekitar 10 persen dari populasi memiliki pekerjaan sebagai Pekerja Informasi. Sejak media merefleksikan masyarakat yang memunculkan mereka, itu menjadi tidak mengejutkan bahwa alat yang dominan di dalam suatu masyarakat informasi adalah yang membantu membuat, menyimpan, dan memproses informasi yaitu : Komputer.

Evolusi media dalam masyarakat informasi bisa ditandai oleh poin-poin dimana macam-macam media pertama kali mengadopsi teknologi digital dan poin dimana mereka menjadi satu,end-to-end cane-canell produksi dan distribusi digital. Beberapa darin perubahan ini mendahului penemuan dari komputer personal di tahun 1975 dan lahirnya World Wide Web (WWW) di tahun 1991.

Telefon. Bermula di tahun 1962 dengan peralatan digital tersimpan di dalam bersamaan dengan jaringan AT&T’s. Hari ini, percakapan telefon diubah ke dalam bentuk digital di dalam ponsel dan berjalan seperti data komputer melalui jaringan telefon. Garis Pelanggan Digital (DSL), membuat ponsel memiliki akses internet berkecepatan tinggi.

Media Cetak. Digitalisasi media cetak pertama kali berproduksi di akhir tahun 1960-an. Sekarang, hanya proses mencetak kata-kata dan gambar itu diubah dari kode komputer ke mencetak gambar secara analog.

Film .Di Hollywood,pergerakan komputer dimulai dengan spesial efek untuk Star Wars di Tahun 1974.Sekarang kebanyakan editing film tersebar pengunaannya dilakukan dengan komputer dan kamera digital 35-mm. Computer-generated mendatangi film bermula dengan film Toy Story di tahun 1995 menjadi hal yang biasa.Sistem suara di teater bioskop sudah digital dan yang terbaru sistem Proyeksi Cahaya Digital(DLP) menggunakan teknologi digital untuk memproyeksikan gambar dengan baik.Avatar mendorong film digital ke dalam tiga dimensi.Di rumah,Blu-ray high-definition(HD) kaset video digital membuat semua video digital dari studio kepada konsumer.

Broadcasting(Siaran). Televisi High-Definition(HD),yang menggunakan format-format digital untuk mentransmisikan gambar yang lebih lebar dan lebih jelas,menggantikan televisi konvensional secara keseluruhan ditahun 2009. Generasi radio selanjutnya, digital audio broadcasting(dikenal dengan radio definisi tinggi/radio HD), tersiar di tahun 2004 untuk bersaing dengan jasa radio digital satelit dan menyiarkan (streaming) audio di internet.Sementara itu perekam video digital seperti TiVo mengancam para penyiar dengan kemampuannya yaitu melewati iklan dan ditonton secara personal.

Video Games. Video games dari awal sudah digital. Pertama kali dikembangkan pada komputer di tahun 1962 bergerak menjadi arcade dan konsol rumah di tahun 1972-1972, dan lalu menuju personal komputer dan handphone. Konsol video game terbaru menampilkan grafis dengan kualitas tinggi yang memungkinkan menjadi film interaktif.

Rekaman. Kaset CD rekaman (Compact Disc) pertama sampai di tangan konsumen di tahun 1982. Sekarang, portal online dari file MP3,iPod,dan berlangganan untuk membayar jasa musik di internet merevolusi distribusi musik yang sama bagusnya ketika didengar.

Kabel dan Televisi Satelit. Di tahun 1998, perusahaan kabel mengubah isinya ke dalam bentuk digital sebagai suatu cara untuk meningkatkan jumlah penawaran saluran (channel) pada sistem mereka. Kabel menjadi digital dalam bagian untuk menemui kompetisi Direct Broadd-cast Satellite (DBS) yang memancarkan ratusan program digital secara langsung menuju piringan rumah (parabola) di tahun 1995. Sekarang banyak pelanggan TV kabel menukmati akses internet berkecepatan tinggi dan jasa telefon dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW NOVEL DARKA

Review Novel Darka Judul : Darka : Karena setelah C pasti ada D  Penulis : khairanihasan Penerbit : Loveable Tanggal Terbit : oktober - 2017 Sinopsis : Seorang remaja sma bernama Draka menyukai teman sekolahnya yang bernama Eca , lalu Darka menyatakan perasaannya kepada Eca , tetapi Eca menolak karna Eca tau bahwa Chinta sahabatnya sendiri suka kepada Draka . Draka merasa kesal terhadap perbuatan Eca lalu ia membalaskan dendamnya kepana Chinta , Darka memaksa Chinta untuk menjadi pacarnya. akhirnya Chinta menerimanya dengan terpaksa , tetapi Chinta juga senang karena Draka adalah siswa populer disekolahnya  , tetapi draka juga banyak disukai oleh para siswi disekolahnya , berani menentang guru , tidak pernah mengerjakan tugas dan sering berada diluar kelas ketika ada pelajaran , setelah berpacaran dengan Chinta , Chinta lah yang disuruh2 olehnya untuk mengerjakan semua tugas sekolahnya , Chinta tidak diperlakukan seperti pacar yang harusnya disayangi dan dip

INOVASI SI DAN TREND TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

INOVASI SI DAN TREND TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI           Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).           Ada juga pengertian Teknologi Informasi Modern dari sumber yang lain yaitu, studi sebuah struktur, tingkah laku, dan interaksi yang menggabungkan komputer dengan alat komunikasi untuk menyimpan, menerima, dan memanipulasikan penyimpanan data .Maksudnya Teknologi Informasi didefinisikan sebagai hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiri